Kamis, 25 Juli 2013

Dua Bumi - 002

"Lihat!" Tabby menunjuk ke layar melayang di dinding dekat kamar tidur.


Seorang penyiar sedang menunjukkan gambar terbaru dari  Bumi 2.0. Sebuah planet berwarna hijau dengan tanaman yang rimbun. Ada awan-awan berwarna oranye tampak tipis dan rapuh melayang-layang di langitnya. Penyiar juga menyebutkan pembangunan perkampungan baru. Rumah-rumah yang tampak mungil berbentuk setengah bola berderet tanpa pagar. Orang-orang di sana terlihat tersenyum, melambaikan tangan seakan mengatakan baik-baik saja di sana.


"Indah sekali bukan? Seperti foto bumi jaman dulu!" kata Tabby.


"Bumi tak seperti itu.. tanamannya tak sesempurna dan sebersih itu, mereka seperti mengelap daunnya satu-satu.."


Anne memperhatikan sungguh ke arah tanaman di planet itu. Tanaman adalah hal yang paling ia cintai sejak kecil. Saat ia masih kecil, matahari masih terhalang atmosfer beberapa lapis, dan tanaman masih bisa tumbuh walau sedikit. Namun setelah kejadian hebat itu bumi menjadi gersang. Lapisan ozon yang seharusnya menyerap sinar UV menipis parah. Matahari dengan leluasa menggosongkan kulit-kulit manusia. Tanaman mulai tak tahan dan tanah atas selalu kekeringan.


"Aku akan mencari informasi di Central Traxy.. Aku benar-benar ingin ke sana..." Tabby membaringkan tubuhnya ke sebuah kursi bulat yang kemudian berubah bentuk menjadi kasur kecil.


"Pergilah.. kau bisa melihat tanamannya dan mengirimkan gambar-gambar bumi baru itu padaku.." Anne duduk di kursi bulat yang kemudian berbentuk seperti sofa yang pas untuk lekuk tubuhnya.


"Kakak harusnya ikut juga.. kakak bisa jadi peneliti tanaman di sana, di sini tak ada lagi yang bisa diteliti.."


"Siapa bilang? kakak sedang meneliti dan mengembangkan tanaman sayur tipe AB, seperti bunga yang kau lihat di bekas hutan, mereka bisa hidup di bawah paparan sinar matahari dan polusi seperti saat ini.."


"Ahh, itu buatan kan? aku ingin yang asli.."


Anne terdiam. Tidak asli? Memang sulit, tapi mengapa tak dicoba?


Sebelumnya Anne sama sekali tak pernah membuat tanaman jadi-jadian seperti yang ilmuwan lakukan pada beberapa peternakan ayam di Damba. Ayam jadi-jadian itu langsung bisa tumbuh besar selama beberapa minggu saja. Gen  ayam buatan berbeda, abnormal dan menimbulkan efek gigantisme. Tapi kalian bisa lihat mata ayam itu, seperti mata orang tak waras.


dua bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...