Sabtu, 20 Juli 2013

Cara Menulis Buku Fiksi dan Non Fiksi

[caption id="attachment_32" align="aligncenter" width="300"]cara menulis buku cara menulis buku[/caption]

Cara menulis buku ini bisa jadi pilihan untuk memulai langkah Anda dalam menulis buku. Jika Anda seorang sarjana pasti Anda pernah menulis skripsi, atau jika Anda masih pelajar pasti juga pernah menulis makalah. Buku juga serupa seperti karya tulis tersebut.
Dalam buku fiksi ada pembuka, isi, dan penutup cerita. Pada buku non fiksi lebih mirip lagi, ada kata pengantar, isi, kesimpulan, lampiran dan daftar pustaka. Memulai dengan benar salah satu kunci sebuah buku bisa ditulis sampai selesai. Berikut ini tahapan dalam menulis sebuah buku :
1. Membuat outline atau daftar isi.
2. Tulis rincian di bawah daftar isi tentang apa yang ingin ditulis sehingga lebih mendetail.
3. Mulailah menulis. Lakukan sesuai dengan outline yang sudah dibuat.
4. Jika ada perubahan, tulislah juga pada outline.
5. Selangi kegiatan menulis dengan kegiatan lain seperti membaca buku atau bahkan memasak. Hal ini dapat menyegarkan pikiran.
6. Tentukan deadline tulisan Anda ingin diselesaikan.
7. Tentukan waktu menulis Anda.
8. Selesaikan tulisan Anda sebelum deadline.
9. Lakukan self editing saat tulisan selesai dengan membacanya lagi dan lagi.

Cara Menulis Buku - Alternatif


Tak semua orang bisa menulis secara sistematis seperti di atas. Kebanyakan penulis novel bisa mengerjakan tulisannya tanpa perlu membuat outline. Hal tersebut bisa saja terjadi. Setiap penulis memiliki gaya tulisan dan cara menulis buku yang berbeda-beda. Jika sudah menemukan cara yang paling baik bagi diri sendiri, maka lakukan hal tersebut. Apakah sudah memuaskan? Jika belum cobalah cara menulis yang sistematis terlebih dahulu. Bacalah banyak buku dan kenali strukturnya.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...