Kamis, 14 Februari 2013

Sinopsis dan Review : Kubah, Ahmad Tohari

KubahKubah by Ahmad Tohari
My rating: 3 of 5 stars

Nyaman sekali membaca buku karangan Pak Ahmad Tohari walaupun ceritanya tentang komunis

Kubah...novel yang mengisahkan tentang mantan napol bernama Karman. Pada bagian awal novel akan diceritakan tentang Karman yang baru keluar dari tahanan. Dia bingung akan pulang kemana. Apalagi istri yang dicintainya telah menikah lagi dengan orang lain. Beruntung, Karman akhirnya menemukan rumah saudaranya di kota di sana dia bertemu dengan anaknya.



Selanjutnya cerita novel menjadi flashback. Diceritakan bagaimana kehidupan Karman runtut dari kecil sampai dewasa. Saat beranjak dewasa itulah saat Karman mulai memberontak pada hidupnya. Orang-orang yang memberikan jasa padanya malah menjerumuskannya pada partai komunis. Bergelut dengan partai komunis tersebutlah yang membuat Karman menjadi tahanan politik.

Novel ini cukup baik dalam menggambarkan tentang kehidupan di sebuah desa dalam masa-masa munculnya komunis di Indonesia. Seseorang menjadi komunis kadang bukan dari hati nuraninya sendiri tapi dari keadaan di sekitar dan juga karena persoalan hidup yang kadang melemahkan hati. Penulisnya yaitu Bapak Ahmad Tohari memang senang bercerita tentang kehidupan sosial masyarakat terutama masyarakat di daerah pedesaan. Kita jadi bisa tahu tentang hidup orang-orang di desa pada waktu itu. Penuturan atau gaya bercerita Ahmad Tohari sangat nyaman dan sama sekali tidak berat untuk diikuti meskipun beliau juga sering mendapatkan penghargaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...