Sabtu, 14 September 2013

Menjual Ebook di Smashwords

Smashwords adalah layanan untuk mempublikasikan tulisan kita dalam bentuk ebook. Kita bisa melakukan pengaturan berapa harga dari ebook yang kita buat, bahkan kita bisa membagikannya secara gratis atau memberikan sampel buku kita.
Smashwords menyediakan pilihan konversi ebook yang kita inginkan. Ada epub, mobi, pdf dan lain-lain. Kita bisa memilih semua format tersebut sehingga semakin banyak pilihan format ebook bagi calon pembaca. Keuntungan mempublikasikan di Smashwords adalah ebook kita akan terdistribusi pada perangkat-perangkat pembaca ebook yang bekerja sama dengan Smashwords. Saya sendiri mengenal Smashwords karena ada di pembaca ebook Aldiko yang sering saya pakai untuk membaca buku di Android.
Hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mempublikasikan ebook di Smashwords yaitu :
  • Mempunyai tulisan dalam format .doc

  • Menyediakan cover ebook dengan resolusi yang tinggi

  • Membuat akun di smashwords

  • Mempublish ebook kita yang berformat .doc

  • Melakukan pengaturan harga dan lain-lain saat proses penerbitan ebook
Smashwords akan memberitahukan kita jika ada kesalahan dalam mempublish ebook. Kita perlu membuat tulisan yang sesuai dengan ketentuan Smashwords sehingga hasil konversi ebook kita akan menjadi baik. Ada buku panduan yang dapat kita download secara gratis. Tentunya buku tersebut berbahasa Inggris. Ebook-ebook yang ada di Smashwords memang kebanyakan bahasa Inggris. Ebook berbahasa Inggris akan mendapatkan pembaca yang lebih luas karena merupakan bahasa internasional. Tapi jangan khawatir, kita bisa juga menerbitkan ebook berbahasa selain Inggris misalnya bahasa Indonesia.

Ebook berbahasa Indonesia di Smashword masih sedikit. Berikut ini salah satu contoh ebook cerpen berbahasa Indonesia di Smashwords.


MERAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...